Selasa, 01 Mei 2012

Jangan menyalin desain itu — Curilah!

Menyalin karya orang lain hanya akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi sebaik orang yang anda salin. Salinan biasanya tidak akan pernah sebagus aslinya karena anda akan selalu tetap satu langkah di belakang. Lebih buruk lagi, di tangan seorang pemula salinannya bisa berakhir tampak seperti tiruan murahan, yang tidak memiliki kemahiran dan bakat.

    Jangan! — Jangan salin desain tersebut — Curilah! - Pablo Picasso

Tunggu ... biarkan saya menjelaskan.

Ketika Anda melihat desain inspirasional, Anda harus terinspirasi. Luangkan waktu Anda untuk memeriksa estetika dan konstruksi secara rinci - memeriksa semua nuansa dan seluk-beluk strukturnya. Lihat bagaimana sang pembuat melakukan ini dan itu.

Untuk mencuri desain Anda harus mengumpulkan semua bagian dari teka-teki dan mencari tahu bagaimana semuanya bekerja secara keseluruhan — mengapa pembuat menggunakan warna ini, mengapa garis-garis ini, kenapa jenis huruf ini?

    Good artists copy — Great artists steal. - Pablo Picasso

   

Mencuri desain adalah kegiatan intelektual - Anda harus mampu mencerna dan menyerap inti dari desain yang inspirasional. Perluaslah ilmu Anda dengan teknik desain melalui belajar! bukan menyalin!

Setelah Anda berasimilasi prinsip-prinsip dan ide-ide yang digunakan oleh seorang desainer dalam lembaran besar mereka, Anda dapat menggunakan ide-ide dalam pekerjaan anda. Kau tidak akan menyalinnya - Anda malah akan menggunakan alat ini hanya di mana mereka masuk akal, dan hanya di mana mereka akan bekerja dengan baik.

Tuangkan inspirasi Anda dan menciptakan sesuatu yang lebih baik - menciptakan sesuatu yang berguna untuk situs Anda atau apapun itu.

Jadi pada dasarnya, apa yang saya anjurkan bukan imitasi atau plagiarisme. Versi saya mencuri adalah salah satu yang bisa memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang desain. Terinspirasi adalah hal yang baik. Mampu mengambil ide - ide tersebut dan membangun mereka lebih lanjut dengan perspektif Anda sendiri yang akan menghasilkan hasil yang besar yang unik untuk Anda sendiri.

Berhubung Oeminfo Blog lagi vacum postingan. artikel ini adalah kiriman dari sobat blogger Oeminfo Blog yaitu Pang Galih dengan Rockonbadpeople nya.

Wassalam

3 komentar:

  1. sip kawan..

    senangnya bisa berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip juga deh buat sob bro Pang Galih =))

      Hapus
  2. memang benar gan, selain membunuh kreatifitas berfikir kita, juga sangat merugikan orang lain

    BalasHapus