Rabu, 15 Juni 2011

Clear Cache pada Browser

Apa itu Cache ?
terjemahin sendiri yak !

What is "browser cache"? Your browser (Netscape, Internet Explorer, etc.—whatever application you use to surf the web) has a folder in which certain items that have been downloaded are stored for future access. Graphic images (such as buttons, banners, icons, advertising, graphs, and color bars), photographs, and even entire web pages are examples of cache items. When going to a page on a website, your computer will check its cache folder first to see if it already has those images and, if so, it won't take the time to download them again. This makes for a faster loading of the page.  Baca Selengkapnya
Sebelumnya, penulis juga sangat asing dengan istilah Cache itu sendiri, tapi karena belakangan ini sering bertemu dengan istilah Cache pada sebuah game berbasis Flash di Facebook yakni Ninja Saga, jadi sedikit tahu tentang cache atau tembolok ini. Pengertian cache versi oeminfo adalah semua content web atau data dari internet yang akan tersimpan secara otomatis pada directory tertentu saat kita melakukan browsing (CMIIW). Didalam sebuah browser, baik itu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan Browser lainnya, semua data web yang dibuka akan disimpan ke dalam cache.

Kenapa Cache Perlu dibersihkan ?
Semua content web akan tersimpan pada directory tertentu pada harddisk kita. Baik itu file html, css, video, mp3, gambar, flash, dan content lainnya yang ter-load saat kita membuka sebuah website. otomatis ini akan menembah beban pada harddisk. apalagi jika harddisk sudah lumayan penuh. adapun salah satu keuntungan jika cache tidak dibersihkan adalah mempercepat load pada suatu web yang telah kita buka sebelumnya. karena tidak perlu mendownload ulang file-file pada halaman web tersebut, melainkan meload file offline yang ada pada cache.
Dalam game Ninja Saga, pengetahuan Clear Cache pada Browser biasanya digunakan untuk melakukan bug/cheat menggunakan Web Debugger Tool seperti Fiddler atau Charles.

Cara Menghapus/ Clear Cache :
  • Untuk Mozilla Firefox : Tools -> Options -> Advanced -> Pilih Network Tab -> Clear Now -> OK
  • Untuk Google Chrome : Pilih icon yang berada di pojok kanan atas (sebelah bintang) -> Options -> Under the Hood -> Clear Browsing Data -> Empty the cache -> Clear Browsing Data
  • Untuk Opera :  Tools -> Delete Private Data -> klik Detailed Options -> centang Delete entire Cache
Dan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan browser lainnya. Sekian tulisan nan usang dari penulis yang sedang belajar menulis.

2 komentar:

  1. ohh gitu... :D
    sama ga sama CC cleaner? :D

    BalasHapus
  2. ya, bisa gan di Clear Pake CCleaner juga...
    klo cara diatas cuma buat Clear Cache aja.

    BalasHapus